Wednesday 5 March 2014

TIPS AGAR FOTO LEBIH TAJAM



    TIPS AGAR FOTO LEBIH TAJAM,itulah pokok pembahasan kali ini.Langsung saja saya akan berbagi trik agar foto hasil jepretan anda lebih tajam.
1.fokus
    Jangan 100 % percaya pada auto focus pada kamera anda.gunakanlah mata anda juga,misal anda akan mengambil foto wajah close-up,pastikan focus berada pada kedua mata.
2.shutter speed
    Jika shutter speed ditambah,maka gambar juga akan semakin tajam.saya jabarkan perumusannya,Jika panjang lensa 100 mm,pakailah shutter speed 1/125 detik atau lebih,jika panjang lensa 200 mm,maka pakailah shutter speed 1/250 detik atau lebih.
3.iso
    Tambahkan ISO,maka shutter speed pun akan bertambah,selain itu anda juga bisa memilih aperture yang lebih besar.jika memotret dalam ruangan,perbesarlah iso,tapi jangan berlebihan.jika iso berlebihan bisa menyebabkan timbulnya noise,atau bintik hitam kecil
4.aperture
    Aperture sangat berpengaruh pada depth of field(daerah focus pada foto).kurangi aperture maka depth of field akan bertambah,artinya area tajam foto akan semakin luas,baik dekat  maupun jauh.maka lakukanlah sebaliknya,pilih aperture yang besar.
5.lensa
    Pilihlah lensa yang berkualitas baik,semakinbagus lensa yang anda gunakan,semakin tajam pula foto yang anda hasilkan.lensa yang berkualitas baik ditandai dengan aperture yang besar,missal f/2.8
6.sweet spot lensa

    Lensa memiliki sweet spot  berbeda-beda.sweet spot adalah aperture tertentu dimana lensa akan menghasilkan foto yang paling tajam.biasanya sweet spot lensa berada di 2 stop diatas batas maksimal kemampuan aperture lensa.
    demikian TIPS AGAR FOTO LEBIH TAJAM,semoga dapat berguna bagi siapa saja yang membacanya,terimakasih

No comments:

Post a Comment