Monday 17 February 2014

MENGATASI PISTON MACET KARENA OVERHEAT

                                 




    Postingan kali ini saya akan men-share tips yang mungkin berguna bagi anda MENGATASI PISTON MACET KARENA OVERHEAT.sebelumnya saya akan jelaskan apa itu bore-up.bore-up itu sendiri bagi saya adalah langkah memperbesar volume power sebuah motor.bore-up biasanya dilakukan dengan cara mengganti size dari piston orisinil ke ukuran yang lebih besar.
     Sebelum mengganti seher/piston,blok mesin harus di korter terlebih dulu,pada proses inilah yang benar-benar harus diperhatikan.karna jika diameter tidak sesuai dengan ukuran piston,maka tidak mustahil akan terjadi overheat,karna kurangnya pasokan oli yang melumasi dinding piston dan blok mesin itu sendiri.jika hal itu terus berlangsung,alhasil piston anda akan macet.
     Tapi jangan khawatir,hal itu bisa diatasi dengan melumasi bagian atas piston.lho bagaimana melumasi bagian atas piston,berarti harus bongkar mesin dulu gitu?jawabanya kita cukup memasukan kira-kira setengah sendok makan oli mesin ke dalam lubang busi,lalu dalam kondisi mesin off,masukan gigi 4 atau 5 agar sedikt ringan.pakailah tungka 2,lalu putar pelan-pelan roda belakang.putar-putar terus sampai terasa agak ringan,setelah itu gunakanlah kick starter anda sampai terdengar bunyi seher bergerak,ingat jangan masukan busi terlebih dulu.jika masih berat,ulangi lagi menggerakan roda belakang,bila perlu tambakan oli lagi.
     Tapi ingat,begitu motor sudah bisa jalan lagi,segera bawa motor anda ke bengkel,pastikan motor anda di rework oleh bengkel yang sudah profesional dalam hal bore-up.langkah ini hanya untuk keadaan emergency saja.demikian tips mengatasi PISTON MACET KARENA OVERHEAT.

No comments:

Post a Comment